DKP3 Mengikuti HPS di Pontianak

hasil resize2hasil resize4hasil resize3

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) mengikuti Kegiatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke- 37 di Pontianak Kalimantan barat. Acara yang dibuka oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia Amran Sulaeman itu dilaksanakan pada tanggal 19- 22 Oktober 2017 di Markas Kodam XII Tanjungpura, Kabupaten Kubu Raya, propinsi Kalimantan Barat.  Kota Depok terpilih menjadi Perwakilan provinsi Jawa Barat dalam Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman ( LCM B2SA) tingkat  Nasional yang merupakan bagian dari kegiatan HPS. Lomba tersebut dilaksanakan sehari sebelum pembukaan HPS dan bertujuan untuk memasyarakatkan konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman.

Kepala DKP3 Farah Mulyati, SH.,M.Si. yang didampingi oleh Kabid Ketahanan Pangan Ir. Hermin Kusmiati  beserta jajarannya ikut memberikan dukungan kepada  Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP.PKK) Kota Depok. Ketua TP.PKK Kota Depok Hj. Elly Farida  turut mendampingi   Tim dalam Lomba Cipta Menu B2SA yang diikuti oleh 34 kabupaten/Kota di Indonesia. Dalam lomba tersebut Propinsi Jawa Barat yang diwakili kota Depok meraih juara harapan 1, sedangkan  juara 1 diraih oleh Provinsi Jawa Timur, juara, 2 provinsi Jawa Tengah dan Juara ke 3 diraih oleh provinsi Bengkulu. Kendati tidak meraih juara Umum keikutsertaan Tim PKK Kota Depok di ajang nasional merupakan pengalaman yang sangat berharga dan patut mendapatkan apresiasi.

DKP3 Kota Depok juga ikut berpartisipasi dalam  pameran  produk-produk pertanian yang diikuti oleh 197 stand Kementerian/lembaga terkait, BUMN, Pemerintah Daerah, organisasi internasional dan perusahaan swasta di bidang pertanian.  Stand DKP3 Kota Depok menjadi salah satu primadona dalam kegiatan tersebut. Tidak lama setelah pembukaan pameran  para pengunjung langsung   memadati  stand, mereka  tertarik dengan produk-produk yang dipamerkan terutama belimbing segar dan juga jus belimbing . Belimbing dewa yang merupakan Ikon Kota Depok mendapat perhatian dan minat yang besar dari pengunjung pameran.  Keistimewaan  belimbing tersebut adalah bentuknya yang relatif  lebih besar dari belimbing daerah lain,   warnanya  kuning keemasan, serta rasanya  yang manis dan menyegarkan sehingga membuat pengunjung tertarik untuk mencicipinya.

Puncak Peringatan HPS ke-37 resmi ditutup oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementrian Pertanian Agung Hendriadi. Pada kesempatan itu Agung Hendriadi yang juga selaku Ketua Panitia Pusat HPS telah menyerahkan estafet kepada Tuan Rumah  HPS 2018 yang akan diselenggarakan di provinsi Kalimantan Selatan.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply