PELATIHAN PENGOLAHAN HASIL PERIKANAN

Dalam rangka pelaksanaan sub kegiatan bimbingan dan penerapan persyaratan atau standar pada usaha pengolahan dan pemasaran skala mikro dan kecil tahun 2021 Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian Dan Perikanan Kota Depok melakukan kegiatan pelatihan pengolahan hasil perikanan pada hari Selasa 8 Juni 2021 di Wisma Hijau Jl. Mekarsari Raya No.15 Cimanggis. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala  Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian Dan Perikanan Kota Depok ibu Diah Sadiah, S.Sos. M.Si. Turut hadir pula dalam kegiatan ini kepala Balai Besar Pengujian Penerapan Produk Kelautan dan Perikanan  (BBP3KP) dan peserta dari 5 kelompok budidaya ikan yang ada di Kota Depok. Tujuan pelatihan pengolahan hasil perikanan ini untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan dan ketrampilan peserta pelatihan terhadap GMP (Good Manufacturing Practice) atau yang lebih dikenal dengan istilah CPB (cara produksi yang baik) yang merupakan suatu pedoman atau prosedur guna menghasilkan produk yang baik dan materi lainnya adalah SSOP (Sanitation Standard Operating Procedure) atau prosedur operasional standar sanitasi dan merupakan pedoman persyaratan operasi sanitasi di UPI (Unit Pengolahan Ikan) untuk menjamin bahwa prosedur dan proses sanitasi dapat secara efisien mengendalikan bahaya keamanan pangan yang umum dijumpai di lingkungan pengolahan, serta kemampuan dalam berinovasi mengolah makanan dari bahan dasar Ikan. Selain materi tersebut ada pelatihan produk inovasi yaitu olahan dari ikan patin berupa Fish Skin yakni kerupuk kulit ikan dan Fish Chip yaknii kerupuk ikan patin. Pelatihan ini dibimbing oleh instruktur dari BBP3KP.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Depok  dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Dengan Urban Farming di Kota Depok baik dipertanian, peternakan termasuk perikanan diharapkan didukung oleh olahan-olahan Produk-produk pertanian dan perikanan yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi, terutama dalam peneyediaan pangan apalagi dimasa pandemi Covid-19. Semua Jenis Olahan Harus memenuhi Standart GMP dan SSOP sehingga para peserta pelatihan diharapkan mengikuti dengan baik pelatihan ini”

Hal ini mendorong Bidang Perikanan Dinas Katahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Depok untuk melakukan pembinaan pada budidaya perikanan baik ikan konsumsi maupun ikan hias serta produk produk perikanan termasuk olahan berbahan baku ikan. Dengan produk perikanan diharapakan semakin mendukung ketahanan pangan, pencegahan stunting dan peningkatan ekonomi masyarakat Kota Depok

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply