KRPL DI RW 06 KELURAHAN MAMPANG

DSC_0200f DSC_0208f DSC_0197f DSC_0201fLingkungan pemukiman yang bersih, hijau, sehat, rukun dan damai merupakan dambaan semua warga. Namun untuk menciptakan sebuah lingkungan atau kampung hijau dan sehat sesungguhnya merupakan merupakan proses perjalanan yang panjang karena menyangkut sikap hidup, komitmen kuat, kerjasama yang solid dan bukan sekedar slogan belaka tetapi perlu tindakan tindakan kecil yang dilakukan secara konsisten dan kemudian dapat menginspirasi semua warga.

konsep inilah yang sedang coba dilakukan di Rukun Warga (RW)06 Kelurahan Mampang Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok. Kegiatan yang diprakarsai oleh ketua RW 06 Sugianto, SE yaitu menanam sayuran di gang sekitar rumahnya diatas saluran air dengan menggunakan paralon. Hasilnya sungguh luar biasa, lingkungan bukan sekedar menjadi hijau dan sehat namun juga hasil pertaniannya seperti pohon kangkung menjadi sumber penghasilan baginya. Saat mendapat kunjungan dari Kepala Seksi Produksi ¬†Tanaman Pangan dan Hortilultura (TPH) Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Depok Harry Adam Fauzi S.TP, MM beserta rombongan, Ketua RW 06 yang didampingi oleh Ketua Pokjanya Lukman Hidayat dan perwakilan dari yayasan Sahabat Tani dan juga beberapa warga terlihat sangat antusias menerima kunjungan tersebut, dalam temu lapang tersebut warga RW 06 berharap kegiatan yang sedang dilaksanakan ini mendapat dukungan, baik berupa sarana prasarna maupun pelatihan pelatihan yang dapat meningkatkan pengetahuan mereka dalam mengolah sayuran dengan lebih baik. Kasi Produksi TPH berjanji akan menyampaikan kepada pimpinnya agar ¬†bantuan yang dibutuhkan oleh warga RW. 06 keluarahan mampang tersebut dapat direalisasikan, “Distankan memang sedang terus mensosialisasikan kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dan kegiatan di RW 06 ini adalah salah satu bentuk KRPL yang diaharpkan dapat berjalan terus dan dapat ditularkan ke warga disekitarnya” tambahnya.

Apa yang dilakukan Sugianto disekitar rumahnya sejatinya bisa dilakukan ditempat lain sehingga lingkungan akan semakin hijau dan sehat sekaligus akan menjadi sumber pendapatan tambahan. Saat lingkungan menjadi semakin hijau dan sehat dengan tanaman sayur sayuran yang ditanam di pinggir jalan maka ini bisa dijadikan percontohan atau model bagi pengembangan Kawasan RW Hijau di Kota Depok.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply