Pelatihan Budidaya Satwa Harapan

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan menggelar pelatihan budidaya satwa harapan. Pelatihan tersebut diikuti sebanyak 30 peserta.
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Ir. Widyati Riyandani menyampaikan ”Pesertanya dari kelompok tani yang sudah berbudidaya satwa harapan maupun yang berminat untuk melakukan budidaya. Budidaya satwa harapan yang dimaksud adalah hewan peliharaan yang kehidupannya diatur dan diawasi oleh manusia serta dipelihara khusus untuk diambil hasil dan jasanya bagi kepentingan hidup manusia. Dengan kata lain, bahwa budidaya satwa harapan yaitu beternak hewan alternatif yang berpotensi tinggi selain hewan konvensional yang sudah biasa diternak. Mengapa hewan alternatif atau satwa harapan yang dipilih, karena sub sistem pertenakan merupakan segala kegiatan yang berhubungan dengan cara memproduksi ternak di wilayah perkotaan. Kota Depok merupakan salah satu wilayah dengan segala kekhasannya dalam pengembangan ternak. Oleh karena itu, perlu adanya alternatif lain dalam pengembangan ternak di wilayah perkotaan”.
Kota Depok merupakan wilayah pemukiman yang padat sehingga harus dilakukan produksi inovasi teknologi pertanian perkotaan, mencakup sub sistem budidaya, sub sistem perternakan dan sub sistem komposting. Sehingga pertanian perkotaan ke depan tidak hanya berkaitan dengan sub sistem budidaya tanaman saja, tetapi nantinya akan dikembangkan secara holistic. selain memiliki kesempatan yang masih terbuka luas, saat memilih untuk beternak satwa harapan, maka harus juga memilih untuk menjadi inovator yang berkolaborasi dengan peternak konvensional, bukan menjadi pesain berpotensi menyaingi peternak lain. Alternatif lainnya adalah budidaya ulat hongkong dan budidaya jangkrik ini banyak di kembangkan di Indonesia, bahkan perkembangan bisnis ini sudah semakin menjamur.
Materi yang disampaikan dalam pelatihan tersebut diantaranya budidaya ulat hongkong dan pemanfaatannya, peluang budidaya jangkrik dari mulai pembibitan sampai kepemasarannya. Termasuk budidaya cacing tanah Lumbrikus yang benar.
Mari sama-sama kita bahu membahu, membulatkan tekad dalam rangka Kota Depok yang maju, berbudaya dan sejahtera sehingga dapat mewujudkan petani milenial Kota Depok yang hidup di desa atau perkampungan, rezeki kota, bisnis mendunia.

You can leave a response, or trackback from your own site.

2 Responses to “Pelatihan Budidaya Satwa Harapan”

  1. Kamal says:

    Apakah bisa minta bibit ikan ternak untuk dibesarkan

Leave a Reply