Festival Buah Unggulan Kota Depok

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Depok menyelenggarakan Festival Buah Uggulan Kota Depok Tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Balai Kota Depok pada 7 Desember 2022 lalu. Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan buah dan potensi pertanian di Kota Depok serta meningkatkan pendapatan petani.

Kegiatan Festival Buah Unggulan Kota Depok terdiri dari Ceremony, Pembagian Bibit Tanaman Buah, Bazar Buah Unggulan, Kontes Buah Belimbing, Lomba Merangkai Buah dan Lomba Mewarnai. Kegiatan Festival Buah Unggulan Kota Depok 2022 ini dipandu oleh Abang dan Mpok Kota Depok.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Depok dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Festival Buah Unggulan Kota Depok Tahun 2022 ini, merupakan festival kedua yang telah diselenggarakan pemerintah kota Depok, yang sebelumnya diadakan pada tahun 2019. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mempromosikan keunggulan buah yang ada di Kota Depok, seperti Blimbing Dewa maupun Alpukat. Banyak komoditi unggulan yang dihasilkan oleh Kota Depok khususnya buah-buahan. Belimbing merupakan ikon Kota Depok dan insyaAllah tidak akan berhenti untuk ditanam, budidayakan dan produksi. DKP3 Kota Depok juga akan mencari alternatif serta komoditas lain yang dapat memberikan peningkatan dan pendapatan untuk kesejahteraan petani. Selain alpukat miki, terdapat beberapa jenis alpukat yang sedang dalam tahap sertifikasi di Balai Sertifikasi Benih Jawa Barat. Sertifikasi dilakukan agar para petani memiliki nilai tambah saat menjual bibitnya. Hal tersebut merupakan upaya pengembangan buah unggulan Kota Depok yang berbasis pertanian perkotaan.

Wali Kota Depok dalam sambutannya menyampaikan bahwa Depok memiliki dua komoditas unggulan yang sudah diekspor ke mancanegara yaitu tanaman hias dan ikan hias. Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) tengah mengembangkan Ikan Bala Shark. Upaya pengembangannya juga didukung oleh Provinsi Jawa Barat yang ditunjukkan dengan  pemberian bantuan dari Provinsi Jawa Barat untuk pengembangan Ikan Bala Shark dan Neon Tetra Kota Depok pada tahun 2023. Harapannya melalui kegiatan Festival Buah Unggulan Kota Depok ini mampu membangkitkan kembali semangat para petani buah di Kota Depok. Dengan begitu, mereka dapat terus berinovasi agar mampu menghasilkan produk-produk pertanian yang memiliki nilai jual tinggi.

Pada kegiatan ini diadakan juga pembagian bibit tanaman buah secara gratis kepada para tamu undangan dan masyarakat yang hadir di Festival Buah Unggulan Kota Depok Tahun 2022. Ada empat jenis bibit yang dibagikan yaitu belimbing, alpukat, jambu biji merah dan cempedak. Selain itu, DKP3 juga akan membagikan bibit tanaman buah yang telah ditangkarkan di Kebun Bibit ke seluruh kelurahan di Kota Depok, masing-masing kelurahan akan menerima 100 (seratus) bibit tanaman.

Bazar Buah Unggulan diikuti oleh 10 stand yang terdiri dari  KTNA Kecamatan Sawangan, KTNA Kecamatan Bojongsari, KTNA Kecamatan Pancoran Mas, KTNA Kecamatan Cipayung, KTNA Kecamatan Sukmajaya, KTNA Kecamatan Cilodong, KTNA Kecamatan Cimanggis, KTNA Kecamatan Tapos, KTNA Kecamatan Beji, dan KTNA Kecamatan Limo yang menjual bibit, buah segar dan olahan buah.

Kontes Belimbing diikuti oleh 9 orang peserta petani yang berasal dari Kecamatan Cimanggis, Kecamatan Sawangan, Kecamatan Pancoran Mas, dan Kecamatan Limo. Penjurian dalam Kontes Belimbing ini dilakukan oleh Bapak H. Usman Mubin (Penangkar Bibit Buah Belimbing Dewa), Bapak Abas Alibasyah, SP (Balai Pengawas dan Sertifikasi Benih Provinsi Jawa Barat), Harry Adam Fauzy, S.TP., MM (Kepala Seksi Pertanian DKP3).

Pemenang Kontes Buah Belimbing sebagai berikut:

Juara I (Hadiah Rp3.000.000)   : Ili (Cimanggis)

Juara II (Hadiah Rp2.000.000)  : Nanda (Cimanggis)

Juara III (Hadiah Rp1.000.000) : Janah (Cimanggis)

Juara IV (Hadiah Rp500.000)    : Ahdi (Cimanggis)

Lomba Merangkai Buah diikuti oleh 13 kelompok yang berasal dari Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kecamatan Se-Kota Depok dan Darma Wanita Persatuan Organisasi Perangkat Daerah Kota Depok yang terdiri dari TP PKK Kecamatan Limo, TP PKK Kecamatan Cimanggis, TP PKK Kecamatan Cilodong, TP PKK Kecamatan Cipayung, TP PKK Kecamatan Sukmajaya, DWP Tirta Asasta, TP PKK Kelurahan Tapos, TP PKK Kecamatan Pancoran Mas, TP PKK Kecamatan Beji, DWP DKUM, TP PKK Kecamatan Sawangan, TP PKK Kecamatan Cinere, DPW  DKP3.

Pemenang Lomba Merangkai Buah sebagai berikut:

Juara I (Hadiah Rp1.250.000) + souvenir : TP PKK Kelurahan Tapos

Juara II (Hadiah Rp1.000.000) + souvenir : TP PKK Kecamatan Beji

Juara III (Hadiah Rp750.000) + souvenir : TP PKK Kecamatan Pancoran Mas

Juara IV (Hadiah Rp500.000) + souvenir : TP PKK Kecamatan Cimanggis

Juara Favorit : DWP DKUM

Lomba Mewarnai diikuti oleh sebanyak 139 orang anak-anak siswa-siswi Pendidikan Anak Usia Dini (Taman Kanak-Kanak) yang berasal dari Kecamatan Pancoran Mas.

 Pemenang Lomba Mewarnai sebagai berikut:  

 Juara I (Hadiah Rp750.000) + tropi : Fakhriyyah (TK AQ Nurul Hikmah)

 Juara II (Hadiah Rp600.000) + tropi : Felisha Sheza (TK Umul Quro)

 Juara III (Hadiah Rp500.000) + tropi : Clayrine (TK Mardiyuana)

 Juara Harapan I (Hadiah Rp400.000) + tropi : Asyifa (PAUD IQ Al-Ikhlas)”

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply