KUNJUNGAN LAPANG MKRPL DI NTB

DSC_0871DSC_0896DSC_0908DSC_0924

Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Depok melakukan kunjungan lapang ke Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Nusa Tenggara Barat (BPTP – NTB) dalam rangka studi banding Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang dilaksanakan dari tanggal 24 s/d 27 November 2014. Kunjungan lapangan ini dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Depok, Ir. Abdul Haris MPM, Rombongan diterima oleh Kepala BPTP NTB, Dr. Ir. Dwi Praptomo, S. MS di aula BPTP NTB.
Maksud utama kunjungan lapang study banding yakni dalam rangka mempelajari lebih mendalam pola pembinaan BPTP NTB untuk kegiatan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL), karena NTB telah berhasil melakukan pembinaan terhadap Kelompok Tani KRPL, yaitu didaerah Dusun Dasan Belo, Desa Jembatan Kembar Timur, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat dimana daerah tersebut pernah mendapatkan kunjungan dari Wamen Kementrian Pertanian RI.
Ada beberapa lokasi yang dikunjungi oleh rombongan, yaitu Kebun Bibit Induk (KBI) yang ada di BPTP NTB, Kelompo Wanita Tani (KWT) Karya Wanita Desa Jembatan Kembar Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat, dan KWT Karya Harum Desa Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok. Kunci keberhasilan dari berkembangnya kawasan KRPL hasil binaan BPTP-NTB ini menurut Dr. Nurul Hilmiati (Kepala seksi Kerjasama dan Pelayanan Pemgkajian) adalah : (1) perlu adanya analisis kebutuhan sehingga pemberian bantuan dari pemerintah sesuai dengan yang mereka butuhkan (2) Peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) yaitu melalui pelatihan pelatihan yang dilakukan secara bertahap disesuaikan dengan kebutuhan (3) Akses terhadap sarana dan prasarna harus dipermudah sehingga memudahkan mereka sharing masalah dan kendala dilapangan (4) Koordinasi antar institusi harus berjalan dengan baik sehingga tidak terjadi kegiatan yang tumpang tindih.

Redaksi Distankan

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply